Fan page

Sabtu, 21 November 2020

Mengenal Profesi Digital marketing

 



Di era digital seperti saat ini, kamu tentunya pernah yang mendengar istilah Digital Marketing atau juga yang dikenal pemasaran digital. Jika menilik pada pengertiannya, pemasaran ini dilakukan dengan menggunakan media secara digital. Sementara orang yang bekerja dinamakan digital marketer. Untuk tahu lebih banyak, yuk simak ulasan berikut.

Profesi digital marketing kini semakin banyak dicari

Tentang Pekerjaan Digital Marketing untuk Tambah Wawasan

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu banyak hal, ketika kamu masih menjadi seorang mahasiswa atau anak kost Jakarta maupun kota lainnya. Saat ini kamu hanya perlu untuk mengetikkan sesuatu di kolom pencarian maka yang kamu butuhkan akan muncul. Termasuk ketika kamu ingin tahu perihal pekerjaan yang kamu inginkan di masa mendatang.

Salah satu pekerjaan yang begitu kondang pada zaman digital ini adalah pemasaran digital. Secara pengertian pemasaran online merupakan proses atau cara untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa dengan menggunakan media digital. Karena cara ini akan menjangkau banyak pasar secara real time, relevan dan secara personil.

Oleh sebab itu, saat ini banyak sekali dibutuhkan digital marketer untuk bisa duduk dan melakukan pekerjaan digital marketing. Pekerjaan yang dilakukan mungkin terlihat sederhana, padahal proses serta teknik yang digunakan sangat kompleks. Dan masing masing posisi akan memiliki tanggung jawab dan tugas masing masing.

Seorang pemasaran digital juga memiliki tugas utama yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Untuk itu ketika kamu mempelajarinya lebih cepat, maka kamu bisa segera mengasah kemampuan kamu. Karena belajar digital marketing tidak akan membuat kamu rugi, mengingat profesi termasuk profesi yang bisa meraup banyak keuntungan.

Selain itu ada banyak perusahaan yang membutuhkan seorang specialist pemasaran digital.  Jika dilihat secara garis besar, tanggung jawab seorang pemasaran digital adalah semua hal yang berkaitan dengan pemasaran suatu produk serta branding suatu produk. Ada beberapa teknik yang harus dilakukan untuk membuat strategi pemasaran digital ini berhasil.

Peran lainnya yaitu harus menyusun perencanaan yang nantinya akan digunakan untuk melakukan promosi pada channel digital. Perencanaan nantinya juga sangat berkaitan erat untuk membuat konsep campaign marketing maupun distribusi content campaign. Tidak ketinggalan seorang digital marketer juga harus meningkatkan dan memelihara engagement dengan pelanggan.

Memang mereka tidak akan bertemu langsung dengan pelanggan, tetapi melalui media sosial atau platform inilah harus menjaganya. Caranya, dengan memberikan komentar atau balasan atas konten yang dibagikan. Seorang Digital Marketing juga berperan untuk mengoptimasi serta meningkatkan peringkat pada laman agar produk atau jasa muncul di search engine.

Teknik Pemasaran yang Diterapkan Pada Pekerjaan Digital Marketing Online

Analisis data sebagai salah satu tugas dari Digital Marketing

Mengenal tentang pekerjaan digital marketing tidak hanya berhenti pada pengertian serta tanggung jawabnya. Karena teknik yang dilakukan untuk membuat pemasaran optimal juga harus kamu ketahui. Hal ini karena seorang pemasaran digital pasti merupakan seorang yang mampu untuk menguasai teknik dan melakukan pengelolaan pada beberapa media sosial.

1. Search Engine Marketing (SEM)

SEM atau Search Engine Marketing merupakan salah satu strategi marketing yang tujuannya untuk meningkatkan visibilitas situs atau website pada mesin pencarian. Untuk cara kerjanya, pemasang iklan akan memiliki beberapa keyword atau kata kunci yang berkaitan pada produk atau jasa yang dijual. Sehingga ketika ada orang yang mencari akan ditemukan oleh mesin pencarian.

SEM ini harus membayar pada Google Ads, dimana biayanya akan ditetapkan per klik berdasarkan kata kunci yang beragam. Selain itu juga tergantung pada tingkat kompetisi dari keyword itu sendiri. Inilah menjadi pekerjaan digital marketing online, agar biaya yang dikeluarkan benar benar mendapatkan hasil yang optimal.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Selain SEM, seorang pemasaran digital juga harus menguasai yang namanya SEO. Jika dilansir dari berbagai sumber, SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik yang berfokus pada optimasi pada website untuk mendapatkan peringkat paling tinggi di hasil pencarian. Secara sederhana, SEO lebih pada isi kontennya bukan pada websitenya saja.

Tujuan adanya SEO ini tentunya untuk menaikkan traffic pada website atau situs tersebut. Tidak hanya mampu menaikkan trafik, tujuan lainnya juga mampu untuk meraih tujuan seperti yang telah ditargetkan. Hanya saja dalam SEO ini harus ada beberapa aturan yang harus dipenuhi dari pihak Google yang masih mencari mesin pencarian utama saat ini.

Untuk itu kamu juga perlu belajar SEO untuk menjadi seorang pemasaran digital yang profesional. Apalagi jenjang karir digital marketing juga termasuk yang menggiurkan. Kamu bisa menentukan akan lebih condong pada teknik yang mana, sebab ada juga SEO Specialist yang pastinya dibutuhkan.

3. Website Marketing

Untuk selanjutnya merupakan teknik selanjutnya dan seorang website marketing harus memiliki kemampuan untuk memberikan saran serta arahan dalam website. Yang ingin dicapai oleh teknik tentunya menjadikan website sebagai alat marketing yang mampu meningkatkan pengunjung atau terjualnya sebuah produk dan digunakannya sebuah jasa.

Dalam prakteknya, kamu perlu untuk memperhatikan banyak hal pada teknik ini. Seperti mengarahkan landing page dan juga website. Penampilan dari websitenya juga harus menjadi perhatian yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Mulai dari desain, copywriting, navigasi hingga beberapa hal yang mampu untuk menarik perhatian pelanggan.

Kamu harus tahu, jika website marketing tidak membuat website, tetapi hanya membantu sehingga website mendapatkan banyak kunjungan. Sementara untuk yang membuat website dikenal dengan web developer programmer. Antara digital marketing dengan seorang pembuat web ini akan saling bekerja sama dan juga terhubung agar tujuan bisa tercapai.

4. Social Media Marketing

Ranah digital yang begitu luas, tentunya tidak bisa melupakan keberadaan media sosial sebagai salah satu alat untuk melakukan pemasaran. Dan seorang pemasaran digital juga harus mengetahui cara menjadikan media sosial sebagai alat marketing. Saat ini juga sudah banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk promosi jasa atau produk.

Tetapi, jika tidak mengetahui bagaimana strateginya maka akan kesulitan. Mendapatkan atensi dari banyak khalayak walaupun di media sosial tidak semudah itu. Membangun branding ini membutuhkan trik trik khusus sehingga perusahaan nantinya bisa meraih tujuan. Namun pekerja yang menguasai teknik ini menjadi yang paling banyak dicari.

Sehingga bisa dikatakan dari semua digital marketer, yang bergerak dalam sosial media menjadi pekerjaan digital yang menjanjikan. Hal ini tentu saja ditunjang dengan semakin banyaknya pengguna media sosial yang harus dimanfaatkan dengan baik. Kamu bisa menjadikan ini sebagai materi belajar digital marketing untuk pemula agar makin mahir. Bila kamu sudah mahir menjadi seorang Digital Marketer, maka tidak menutup kemungkinan kamu bisa melakukan beberapa usaha sampingan yang juga bisa kamu lakukan sambil kerja di Kantor.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Produk Handbody Pemutih Terbaik 2020. Paling Ampuh Mencerahkan Kulit Kusam!

  1. Nivea Body Lotion UV Extra Whitening SPF 15 Nivea Body Lotion UV Extra Whitening merupakan salah satu produk losion pemutih terke...

Cari Blog Ini

Arsip Blog