Di era digital seperti
saat ini, kamu tentunya pernah yang mendengar istilah Digital Marketing atau
juga yang dikenal pemasaran digital. Jika menilik pada pengertiannya, pemasaran
ini dilakukan dengan menggunakan media secara digital. Sementara orang yang bekerja
dinamakan digital marketer. Untuk tahu lebih banyak, yuk simak ulasan berikut.
Profesi
digital marketing kini semakin banyak dicari
Tentang Pekerjaan
Digital Marketing untuk Tambah Wawasan
Tidak ada salahnya
untuk mencari tahu banyak hal, ketika kamu masih menjadi seorang mahasiswa atau
anak kost Jakarta maupun kota lainnya. Saat ini kamu hanya perlu untuk
mengetikkan sesuatu di kolom pencarian maka yang kamu butuhkan akan muncul.
Termasuk ketika kamu ingin tahu perihal pekerjaan yang kamu inginkan di masa
mendatang.
Salah satu pekerjaan
yang begitu kondang pada zaman digital ini adalah pemasaran digital. Secara
pengertian pemasaran online merupakan proses atau cara untuk mempromosikan
suatu produk ataupun jasa dengan menggunakan media digital. Karena cara ini
akan menjangkau banyak pasar secara real time, relevan dan secara personil.
Oleh sebab itu, saat
ini banyak sekali dibutuhkan digital marketer untuk bisa duduk dan melakukan
pekerjaan digital marketing. Pekerjaan yang dilakukan mungkin terlihat
sederhana, padahal proses serta teknik yang digunakan sangat kompleks. Dan
masing masing posisi akan memiliki tanggung jawab dan tugas masing masing.
Seorang pemasaran
digital juga memiliki tugas utama yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Untuk
itu ketika kamu mempelajarinya lebih cepat, maka kamu bisa segera mengasah
kemampuan kamu. Karena belajar digital marketing tidak akan membuat kamu rugi,
mengingat profesi termasuk profesi yang bisa meraup banyak keuntungan.
Selain itu ada banyak
perusahaan yang membutuhkan seorang specialist pemasaran digital. Jika dilihat secara garis besar, tanggung
jawab seorang pemasaran digital adalah semua hal yang berkaitan dengan
pemasaran suatu produk serta branding suatu produk. Ada beberapa teknik yang
harus dilakukan untuk membuat strategi pemasaran digital ini berhasil.
Peran lainnya yaitu
harus menyusun perencanaan yang nantinya akan digunakan untuk melakukan promosi
pada channel digital. Perencanaan nantinya juga sangat berkaitan erat untuk membuat
konsep campaign marketing maupun distribusi content campaign. Tidak ketinggalan
seorang digital marketer juga harus meningkatkan dan memelihara engagement
dengan pelanggan.
Memang mereka tidak
akan bertemu langsung dengan pelanggan, tetapi melalui media sosial atau
platform inilah harus menjaganya. Caranya, dengan memberikan komentar atau
balasan atas konten yang dibagikan. Seorang Digital Marketing juga berperan
untuk mengoptimasi serta meningkatkan peringkat pada laman agar produk atau
jasa muncul di search engine.
Teknik
Pemasaran yang Diterapkan Pada Pekerjaan Digital Marketing Online
Analisis data sebagai
salah satu tugas dari Digital Marketing
Mengenal tentang
pekerjaan digital marketing tidak hanya berhenti pada pengertian serta tanggung
jawabnya. Karena teknik yang dilakukan untuk membuat pemasaran optimal juga
harus kamu ketahui. Hal ini karena seorang pemasaran digital pasti merupakan
seorang yang mampu untuk menguasai teknik dan melakukan pengelolaan pada
beberapa media sosial.
1. Search Engine
Marketing (SEM)
SEM atau Search Engine
Marketing merupakan salah satu strategi marketing yang tujuannya untuk
meningkatkan visibilitas situs atau website pada mesin pencarian. Untuk cara
kerjanya, pemasang iklan akan memiliki beberapa keyword atau kata kunci yang
berkaitan pada produk atau jasa yang dijual. Sehingga ketika ada orang yang
mencari akan ditemukan oleh mesin pencarian.
SEM ini harus membayar
pada Google Ads, dimana biayanya akan ditetapkan per klik berdasarkan kata
kunci yang beragam. Selain itu juga tergantung pada tingkat kompetisi dari
keyword itu sendiri. Inilah menjadi pekerjaan digital marketing online, agar
biaya yang dikeluarkan benar benar mendapatkan hasil yang optimal.
2. Search Engine
Optimization (SEO)
Selain SEM, seorang
pemasaran digital juga harus menguasai yang namanya SEO. Jika dilansir dari
berbagai sumber, SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik yang
berfokus pada optimasi pada website untuk mendapatkan peringkat paling tinggi
di hasil pencarian. Secara sederhana, SEO lebih pada isi kontennya bukan pada
websitenya saja.
Tujuan adanya SEO ini
tentunya untuk menaikkan traffic pada website atau situs tersebut. Tidak hanya
mampu menaikkan trafik, tujuan lainnya juga mampu untuk meraih tujuan seperti
yang telah ditargetkan. Hanya saja dalam SEO ini harus ada beberapa aturan yang
harus dipenuhi dari pihak Google yang masih mencari mesin pencarian utama saat
ini.
Untuk itu kamu juga
perlu belajar SEO untuk menjadi seorang pemasaran digital yang profesional.
Apalagi jenjang karir digital marketing juga termasuk yang menggiurkan. Kamu
bisa menentukan akan lebih condong pada teknik yang mana, sebab ada juga SEO
Specialist yang pastinya dibutuhkan.
3. Website Marketing
Untuk selanjutnya
merupakan teknik selanjutnya dan seorang website marketing harus memiliki
kemampuan untuk memberikan saran serta arahan dalam website. Yang ingin dicapai
oleh teknik tentunya menjadikan website sebagai alat marketing yang mampu
meningkatkan pengunjung atau terjualnya sebuah produk dan digunakannya sebuah
jasa.
Dalam prakteknya, kamu
perlu untuk memperhatikan banyak hal pada teknik ini. Seperti mengarahkan
landing page dan juga website. Penampilan dari websitenya juga harus menjadi
perhatian yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Mulai dari desain,
copywriting, navigasi hingga beberapa hal yang mampu untuk menarik perhatian
pelanggan.
Kamu harus tahu, jika
website marketing tidak membuat website, tetapi hanya membantu sehingga website
mendapatkan banyak kunjungan. Sementara untuk yang membuat website dikenal
dengan web developer programmer. Antara digital marketing dengan seorang
pembuat web ini akan saling bekerja sama dan juga terhubung agar tujuan bisa
tercapai.
4. Social Media
Marketing
Ranah digital yang
begitu luas, tentunya tidak bisa melupakan keberadaan media sosial sebagai
salah satu alat untuk melakukan pemasaran. Dan seorang pemasaran digital juga
harus mengetahui cara menjadikan media sosial sebagai alat marketing. Saat ini
juga sudah banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk promosi jasa
atau produk.
Tetapi, jika tidak
mengetahui bagaimana strateginya maka akan kesulitan. Mendapatkan atensi dari
banyak khalayak walaupun di media sosial tidak semudah itu. Membangun branding
ini membutuhkan trik trik khusus sehingga perusahaan nantinya bisa meraih
tujuan. Namun pekerja yang menguasai teknik ini menjadi yang paling banyak
dicari.
Sehingga bisa dikatakan
dari semua digital marketer, yang bergerak dalam sosial media menjadi pekerjaan
digital yang menjanjikan. Hal ini tentu saja ditunjang dengan semakin banyaknya
pengguna media sosial yang harus dimanfaatkan dengan baik. Kamu bisa menjadikan
ini sebagai materi belajar digital marketing untuk pemula agar makin mahir.
Bila kamu sudah mahir menjadi seorang Digital Marketer, maka tidak menutup
kemungkinan kamu bisa melakukan beberapa usaha sampingan yang juga bisa kamu
lakukan sambil kerja di Kantor.
0 komentar:
Posting Komentar